Pages

Kamis, 08 April 2010

I ♥ Toraja..


Yup this is Toraja..
Disinilah saya dilahirkan dan inilah kampung halaman saya tercinta..
Saya bangga jadi anak Toraja..Kenapa??karena saya berfikir suku Toraja itu sangat unik..
selain adat istiadatnya pemandangan-pemandangan di Torajapun sangat menarik..
soo beatiful..
Sayangnya saya tidak di Toraja skrang..
Walaupun begitu saya tetap kangen sama Toraja..
Terutama makanan khasnya..hehehe ^_^
Saya tidak di Toraja bukan berarti saya tidak cinta Toraja tapi saya ingin mengejar cita-cita saya yang mana nantinya akan saya salurkan juga untuk Toraja..
hihihihi..
Ok saya akan memperkenalkan kampung halaman saya


Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 600.000 jiwa. Mereka juga menetap di sebagian dataran Luwu dan Sulawesi Barat.kata Toraya asal To = Tau (orang), Raya = dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja. Kata Tana berarti 'negeri', sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan nama Tana Toraja.

Wilayah Tana Toraja juga digelari Tondok Lili'na Lapongan Bulan Tana Matari'allo, dengan arti harfiahnya "Negeri yang bulat seperti Bulan dan Matahari".

Ada mitos yang mengatakan ni bahwa Tleluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, mitos yang tetap melegenda turun temurun hingga kini secara lisan dikalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai media komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa - dalam bahasa Toraja).

oo saya ada buku cerita ni tentang mitos ini,suka deh ceritanya..hihihihi..

Ada dua upacara adat yang sangat terkenal di Toraja yaitu Rambu Solo' (upacara untuk pemakaman) dan upacara adat rambu tuka.

Tapi dari kedua upacara adat Toraja ini yang paling menarik wisatawan baik asing maupun lokal adalah upacara rambu solo'. Soalnya upacara pemakaman ini membutuhkan waktu beberapa hari begitu banyak ritual adat yang harus dilalui seperti, Ma'tundan, Ma'balun (membungkus jenazah), Ma'roto (membubuhkan ornamen dari benang emas dan perak pada peti jenazah), Ma'Parokko Alang (menurunkan jenazah kelumbung untuk disemayamkan), dan yang terkahir Ma'Palao (yakni mengusung jenazah ketempat peristirahatan yang terakhir).

Berbagai kegiatan budaya yang menarik dipertontonkan pula dalam upacara ini, antara lain :

* Ma'pasilaga tedong (Adu kerbau), kerbau yang diadu adalah kerbau khas Tana Toraja yang memiliki ciri khas yaitu memiliki tanduk bengkok kebawah ataupun [balukku', sokko] yang berkulit belang (tedang bonga), sekedar info ni tedong bonga di Toraja harganya bisa ratusan juta loh. belum kerbau yang lainnya wuihh berapa duit ya yang keluar untuk menggelar upacara pemakaman ini??
uda bisa beli mobil berapa tuh..hihihi

* Tari tarian yang berkaitan dengan ritus rambu solo' seperti : Pa'Badong, Pa'Dondi, Pa'Randing, Pa'Katia, Pa'papanggan, Passailo dan Pa'pasilaga Tedong; Selanjutnya untuk seni musiknya: Pa'pompang, Pa'dali-dali dan Unnosong.;

* Ma'tinggoro tedong (Pemotongan kerbau dengan ciri khas masyarkat Toraja, yaitu dengan menebas kerbau dengan parang dan hanya dengan sekali tebas), biasanya kerbau yang akan disembelih ditambatkan pada sebuah batu yang diberi nama Simbuang Batu.
ich jadi ingat pas nenek saya diupacarakan ada beberapa wisatawan asing menangis melihat kerbau-kerbau yang di potong..hihihihi
tapi saya sendiri juga lumayan takut sih lihatnya..hohoho


Kerbau Tedong Bonga adalah termasuk kelompok kerbau lumpur.Merupakan endemik spesies yang hanya terdapat di Tana Toraja. Ke-sulitan pembiakan dan kecenderungan untuk dipotong sebanyak-banyaknya pada upacara adat membuat plasma nutfah (sumber daya genetika) asli itu terancam kelestariannya.

Menjelang usainya Upacara Rambu Solo', keluarga mendiang diwajibkan mengucapkan syukur pada Sang Pencipta yang sekaligus menandakan selesainya upacara pemakaman Rambu Solo'.

sampai sini dulu ya cerita tentang Torajanya tapi masih banyak lagi kok yang akan saya ceritakan diblog ini mengenai Toraja..^_^

1 comments:

marsi buli mengatakan...

toraja tuh,dmana ya??jadi pnasaran gw..hahaaha

Posting Komentar